CERBUNG - NAK RANG TU INDAK BARUBAH-RUBAH GANTENGNYO

 Rabu, 14 Rabiul Akhir 1436 H / 4 Februari 2015 M
Reporter: Muslim

Suatu ketika, seperti yang sebelum-sebelumnya, para malaikat langit turun ke bumi untuk bersafari, termasuk malaikat Jibril. Dalam perjalanan kali ini, Jibril bertemu dengan malaikat bumi, kemudian mengajaknya berkeliling untuk berkunjung ke pesantren-pesantren yang tersebar di Minangkabau.

Kunjungan dimulai dari pesantren yang terletak di Pesisir Selatan yaitu Sabilul Jannah, setelah itu ke MTI Canduang, MUS Canduang, MTI Pasia 4 Angkek, Ash-habul Yamin Lasi, MTI Jaho, kemudian dilanjutkan ke pesantren-pesantren tersohor lainnya.

Berdua dengan malaikat bumi yang mengiringinya, tibalah Jibril di salah satu pesantren yang letaknya di tepi Danau Singkarak, tepatnya di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah yang disingkat dengan PPTI, terletak di Nagari Malalo, Kec. Batipuh Selatan, Kab. Tanah Datar - Sumbar. Di pesantren yang didirikan oleh Syekh Zakariya Al-anshari Asy-syafi'i Labai Sati itu, Jibril melihat para santrinya rajin-rajin, ta'at dan juga cantik dan ganteng-ganteng.

Sambil berkeliling, Jibril menyaksikan aktivitas para santri, "Yang sadang manyapu halaman asrama putra tu sia tu malaikat bumi ?" tanya Jibril dengan mengisyarah pada salah seorang santri. "itu Joni Pratama mah yang namo FBnyo Dajo CuCu Badaw." jawab malaikat bumi. "kalau yang sadang bawudhua' di tapi danau tu ?" tanya Jibril lagi, "owh...yang itu, kalau ndak salah namo nyo Rahmat Hidayat mah." ujar malaikat bumi.

Setelah melihat-lihat kembali, tiba-tiba saja dengan sedikit berteriak "haaa...kalau yang baduo tu pasti Muslim jo Kamil..." ungkap Jibril sambil mengisyarah kepada dua orang santri yang sedang asik bercerita di bawah pohon cerry depan asrama.

Mendengar itu malaikat bumi bertanya dengan herannya, "kok yakin lo engkau Jibril, kalau yang baduo tu Muslim jo Kamil ?. Dengan spontan Jibril katakan "iyo lah, dari dulu nak rang tu ndak brubah-brubah gantengnyo do, tetap ganteng sampai kini." (malaikat bumi garuk-garuk kepala).

1 komentar untuk "CERBUNG - NAK RANG TU INDAK BARUBAH-RUBAH GANTENGNYO"

  1. Assalamu'alikum..
    maaf sebelumnya,hanya ingin mengkritik gambar ilustrasi dan penggunaan kata2 yg tak sepantasnya..ilustrasi saudara merupakan gambaran malaikat bagi orng2 kristen.dan penggunaan kata2 yg mengambarkan malaikat yang suka guyonan seperti yg saudara tampilkan itu tak pantas bagi makhluk Allah SWT.Mohon dikoreksi ulang.

    BalasHapus

Posting Komentar