PATRIOT TARBIYAH - ENGKU IZZUDDIN DT, PANDUKO NAN BANSO

Izzuddin Dt, Panduko Nan Banso atau Engku Izzuddin adalah anak dari Abuya Syekh Zakaria Labai Sati pendiri Madrasah Tarbiyah Islamiyah Malalo (sekarang Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo) dilahirkan dari ibu yang bernama Jamiah. Ia lahir pada tanggal 1 Januari 1952 M di Padang Laweh Malalo.

Sejak kecil ia sudah ditempa untuk mendalami ilmu agama oleh sang Ayah, karena beliau dibesarkan dilingkungan yang sangat religius, sehingga sejak kecil ia sudah bisa baca tulis al-Qur’an, sedangkan pendidikan formalnya diawali pada tahun 1958 di Sekolah Rakyat (SR), dan tamat pada tahun 1964. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan ke Madrasah Tarbiyah Islamiyah Malalo selama dua tahun, kemudian ia pindah ke pondok Pesantren Nurul Yaqin atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ringan-ringan yang pada saat itu dipimpin oleh Abuya Ali Imran.

Pada dasarnya antara MTI Malalo dengan pondok pesantren Nurul yaqin ini bisa dikatakan bersaudara, karena buya Ali Imran juga pernah menutut ilmu di MTI Malalo dengan Buya Zakaria Labai Sati.

Setelah lima tahun menuntut ilmu di Ringan-ringan, ia pun tamat dari kelas tujuh  pada tahun 1973. Kemudian ia kembali ke daerah kelahirannya Padang Laweh pada tahun itu juga dan langsung mengajar di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Malalo.

Dalam perjalanan karirnya dalam dunia pendidikan, seluruh umurnya diserahkan untuk memperjuangkan pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Trbiyah Islamiyah Malalo yang telah didirikan oleh ayahnya Syekh Zakariya Labai Sati dulunya. Pada tanggal 4 Dzulhijjah 1432 H/11 Desember 2010 ia dilantik menjadi pimpinan Pondok Pesantren tersebut untuk melanjutkan apa yang telah diperjuangkan oleh ayahnya dan Abuya syekh Taharuddin Labai Sutan.

Hidup berkeluarga juga ia bina di negeri kalahirannya sendiri, ia telah mempersunting seorang gadis yang bernama Wirda yang berasal juga dari Padang Laweh Malalo juga. Dari Wirda ia dikaruniai beberapa orang anak yaitu 1. Himatul Jannah, 2. M. Khairi, 3. Khairul Fahmi, 4. Rahimatul Ilmi, 5. Radhiyatul Mardhiyah, 6. Dinatul Islami, 7. Hijjatul Mabrur, 8. Duratul Husna dan 9. Nauratul Hidayah
           
Sumber:  http://ppti-malalo.blogspot.com/

Tidak ada komentar untuk "PATRIOT TARBIYAH - ENGKU IZZUDDIN DT, PANDUKO NAN BANSO"